GANJAR PRANOWO RESMIKAN GEDUNG UTD DAN PMI JATENG

Pmrwiraskoanato.....Salam kemanusiaan, kepada temen-temen kimana kabarnya? Semoga tetap dinberikan kesehatan aja ya.  Sahabat seperjuangan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meresmikan Gedung Unit Transfusi Darah dan Markas PMI Jawa Tengah, di Komplek PMI Center Jawa Tengah, Sambiroto-Semarang, Sabtu (16/1) siang, disaksikan oleh Ketua Harian PMI Pusat Ginanjar Kartasasmita.

Ketua PMI Jateng Imam Triyanto menyebutkan bahwa gedung unit transfusi darah dan markas PMI ini, dibangun dalam satu komplek di PMI Center di atas tanah 1,974 hektare, tidak lepas dari peran pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan DPRD.

“Dana pembangunan dari hibah Provinsi Jawa Tengah sebesar Rp7,8 miliar dan digunakan pembangunan gedung sebesar Rp7,1 miliar, sehingga masih ada sisa anggaran Rp 0,7 miliar,” kata Imam saat menyampaikan sambutannya.

“PMI Jateng juga telah mendapat sertifikat resmi dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) sebagai tempat uji kompetensi (TUK) bidang kebencanaan, bekerjasama dengan BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana),” terangnya.

Gubernur Ganjar Pranowo mengatakan, dana hibah yang diberikan oleh pemprov Jateng sangat kecil jika dibandingkan dengan peran PMI. Organisasi kemanusiaan itu, menurutnya, sangat berperan dalam kelangsungan kehidupan manusia.

"Kalau ada orang kekurangan darah, mau mencari kemana kalau bukan PMI. Uang bisa dicari, diciptakan manusia. Kalau darah, diciptakan Gusti Allah," tegasnya.

Sementara Ginanjar Kartasasmita mengatakan, setiap hari di Indonesia terjadi bencana karena secara geografis posisinya rawan bencana. “Oleh sebab itu, keberadaan gedung unit transfusi darah dan gudang logistik sangat penting untuk membantu masyarakat dalam hal penanggulangan bencana,” ujarmya.

PMI berbeda dengan lembaga-lembaga lain yang menangani bencana, seperti BNPB, SAR dan lain-lain. Organisasi-organisasi tersebut merupakan aparat negara, sedangkan PMI adalah gerakan sukarela dari masyarakat yang sudah ada 100 tahun lebih dan bergerak di bidang kemanusiaan.

"Pada banyak konflik PMI, menjadi penengah. Pada banyak kejadian bencana atau yang lainnya, PMI yang pertama datang menolong seperti saat peristiwa teror di Jakarta kemarin, ambulans PMI yang pertama datang," katanya.

Ketua Panitia Edi Susanto mengatakan bersamaan peresmian, juga dilaksanakan musyawarah kerja (Muker) tahun 2016, yang diikuti oleh Ketua, Sekretaris dan Direktur UDD PMI kabupaten-kota se-Jawa Tengah.

“Muker yang merupakan agenda tahunan, untuk mengevaluasi pelaksanaan program PMI tahun 2015 dan perencanaan program kerja PMI 2016, agar selaras dengan visi PMI yaitu berkarakter, profesional, mandiri dan dicintai masyarakat,” katanya.

Diberikan pula penghargaan kepada 9 PMI kabupaten-kota yang mengalami kenaikan bulan dana lebih dari 20%, yaitu Kota Semarang, Kebumen, Kudus, Demak, Purworejo, Banjarnegara, Kota Salatiga, Karanganyar, dan Jepara. (Sumber : PMI Jateng)

Semoga dengan informasi ini akan memotivasi PMI-PMI daerah lain untuk aktif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dan selain itu program bulan dananya juga lebih aktif digerakkan

0 Response to "GANJAR PRANOWO RESMIKAN GEDUNG UTD DAN PMI JATENG "

Posting Komentar