INILAH FASILITAS YANG ADA DALAM UKS

Pmrwiraskanato.blogspot.com...Salam Kemanusiaan, Kepada temen-temen seperjuangan, Demi mennyiapkan Unit Kesehatan Sekolah (UKS), Tim PMR Wira Skanato SMKN 6 Tebo berbenah untuk memberikan pelayanan yang nyaman kepada pasien warga sekolah.

Sejarah UKS pertama terbentuk dari rapat evaluasi pengurus harian PMR Wira Skanato SMKN 6 Tebo angkatan pertama. Dan terelisasi adanya ruang UKS yang mengunakan ruang adminitrasi perpus yang tidak dipakai oleh pegawai perpustakan. Tenaga tenaga medis TIM PMR dari pengurus harian PMR itu sendiri. dan persediaan obat terbatas pada saat itu masih dari iuran anggota dari PMR.

Dengan perkembangan waktu ternyata banyak warga sekolah berkosultasi tentang kesehatan dan berobat UKS. Apalagi bila sekolah mempunyai event pasti Ruang UKS tersebut tidak mampu menampung pasien yang sakit. Melalui pertimbangan tersebut Tim PMR wira SMKN 6 Tebo mengajukan Ruang UKS yang lebih lapang dan ada ruang dan dilengkapi ruang kamar mandi Kepada Pembina dan diteruskan dikepala sekolah.

Dari keputusan kepala sekolah pada tahun Ajaran 2015/2016, ruang UKS termasuk markas PMR dipindah dekat ruang kantor guru yang mempunyai luas lebih besar dan ada  kamar mandinya.

UKS semakin berbenah dalam adminitrasi, adanya stuktur organisasi yang besar diletakkan didinding dalam ruangan. Lantai UKS  diberikan alas karpet dilengkapi satu set alat tidur, obatan-obatan, timbangan duduk, tensimeter, air minum +despenser, tempat konsultasi pasien, jadual piket tim PMR dan tandu lipat permanen, daftar pasien, serta daftar obat.

Penyediaan Obat-obatan selama UKS berdiri dari ajaran tahun 2014/2015 sampai sekarang dapat bantuan dari Sekolah hanya satu kali. Dan sebagian obat-obatan diperoleh Tim PMR dari pengajuan obat-obatan setiap 4 bulan sekali  ke pukesmas Rimbo Bujang  yakni obat antasida, parasetamol, vitamin B, Vitamin C dan sirup obat batuk, perban dan pembersih luka serta betadint (2015). Pengajuan bantuan obat pada pukesmas yang sama pada tahun 2016 mendapatkan  paresetamol, antasida, obat batuk cair dan vitamin C. Selebihnya penyediaan obat lain yang dibutuhkan untuk persedian UKS yang tidak ada dibelikan secara iuran anggota tim PMR itu sendiri.

Di UKS SMKN 6  Tebo masih banyak fasilitas yang harus dicukupi nyakni  kotak obat/tas obat, tensi meter elektrik, timbangan duduk, ukuran tinggi badan dan tenda PMR yang digunakan untuk lapangan. Dan tambahan satu set  alat tidur pasien untuk memisahkan pasien putra dan putri serta dipan yang permanen untuk pasien.

Demikianlah secara detil fasilitas yang ada diruangan UKS SMKN 6 Tebo. Semoga dengan UKS yang ada sekarang ini, seluruh warga sekolah ikurt menjaganya bukan hanya PMR saja. Selain itu kedepan UKS SMKN 6 Tebo mempunyai tempat tersendiri dan ruangannya lebih luas dengan fasilitas yang lengkap. Semoga bermanfaat.

0 Response to "INILAH FASILITAS YANG ADA DALAM UKS "

Posting Komentar