PENANGANAN PPPK YANG TEPAT PADA PASIEN PENYAKIT DEMAM

Pmrwiraskanato.....Salam kemanusian, kepada temen-temen seperjuangan jagalah kesehatanmu jangan kamu biarkan menderita karena demam atauu masuk angin yang berlaruut-larut. Menjaga kesehaatan itu utama. Penyakit demam panas dingin (meriang) ialah penyakit yang kalau dirasakan badan terasa dingin menggigil, tetapi kalau badan diraba terasa panas. Sakit demam seperti ini biasanya ditandai dengan badan menjadi gemetar, sukar tidur, tidak nafsu makan, maunya ingin makan dan minum yang segar-segar saja.

Sebelum dilakukan pengobatan lebih lanjut makan siswa yang demam lakukan mengukur suhu badan menggunakan termometer selama 30 detik. Caranya jepit termometer diketiak pasien yang diberi penanganan tersebut.

Bagaimana cara pertolongan pertama untuk  demam yang disebabkan masuk angin :
  1. Perbanyak Minum air putih
  2. Jangan Gunakan Pakaian Tebal.
  3. Kompres demam ke seluruh tubuh. Kesalahan anggapan bahwa mengkompres demam hanya pada kening juga banyak dikalangan masyarakat, peng-kompresan akan lebih efektif bila dilakukan pada bagian-bagian seperti dibawah ini :kening, punggung, belakang leher, Lengan bagian atas, Paha dan Telapak Kaki. Dengan peng-kompresan seperti demikian, suhu tubuh akan lebih cepat mereda dibandingkan pengkompresan pada satu bagian tubuh saja.
  4. Beristirahatlah Pada suhu Ruang yang sejuk dan tenang.
  5. Konsumsi obat paracetamol sesuai dengan Takaran Umur
  6. Mengkosumsi vitamin C alami seperti jeruk, jambu atau pepaya agar tubuh mendapat asupan gizi.sambil menunggu demam mereda, konsumsi makanan bergizi.
Ramuan Herbal Tradisional untuk Meriang

Bahan - Bahan:
  • Kuning Telur Ayam Kampung : 1 butir
  • Air Kunyit : 10 sendok makan
  • Madu lebah : 1 sendok makan
Cara Membuatnya :
  • Kuning telur ayam dikopyok/dikocok sampai mengembang
  • Air kunyit dicampurkan dalam kopyokan telur tersebut
  • Madu lebah dicampurkan ke dalam percampuran 1 dan 2
Cara Pengobatan:
  • Ramuan herbal yang telah dibuat diminum sewaktu-waktu penyakitnya kambuh
Cara pertolongan pertama pada anak-anak yang mengalami demam tinggi atau kejang-kejang. cara ini bisa sebagai referensi :
  1. Letakkan siswa di lantai : Siswa yang kejang biasanya tubuhnya akan bergerak-gerak tidak beraturan. Karenanya, segera pindahkan Siswa ke lantai lapang dan jauhkan semua benda dari siswa. Hal ini bertujuan agar anak tidak menendang atau memukul benda-benda keras saat kejang.
  2. Baringkan posisi menyamping : Baringkan siswa dengan posisi menyamping, jangan terlentang. 
  3. Jangan memasukan apapun : Saat kejang, jangan memasukkan apapun pada mulut siswa, sekalipun itu hanya air putih biasa. Juga tidak boleh mengguncangnya, menampar, atau mengikat siswa. Lebih baik biarkan sampai kejangnya berhenti.
  4. Jaga posisi siswa : Meski kejang siswa sudah berhenti, usahakan agar posisi siswa tetap berbaring menyamping dan hadapkan wajah siswa ke lantai. Segera bawa siswa ke dokter untuk memeriksakan penyebab siswa mengalami kejang tersebut.
  5. Bawa ke rumah sakit : Jika dalam 5 menit serangan kejang siswa tidak berhenti, segera bawa siswa ke rumah sakit.
 Semoga informasi ini bermanfaat buat temen-temen seperjuangan di organisasi PMR dan UKS bila ada warga sekolah yang mengalami deman

0 Response to "PENANGANAN PPPK YANG TEPAT PADA PASIEN PENYAKIT DEMAM "

Posting Komentar