CARA PERAWAT UKS SEKOLAH MENANGANI PASIEN SAKIT HERNIA

Pmrwiraskanato......Salam kemanusiaan, pengurus harian PMR yang piket UKS dapet pasien yang dari kelas x Multimedia. Saat itu tanda-tandanya deman, rasa sesak napas dan perut mual. Perawat PMR UKS SMK bingung ini tanda-tanda sakit apa. Makanya anak-anak membuat langkah dengan memberikan pelayanan sebaik mungkin.

Karena melihat pasien masih cemas makanya anak-anak PMR UKS hanya membantu pasien untuk tenang dan semangat tetap sehat, gak ada apa2 lawan apa yang terjadi pada diri kita maka kita akan baik-baik aja. Setelah tenang sipasien baru ditanyai pernah ada sakit? Kami perawat UKS sempat terkejut dengan kejujuran pasien bahwa pernah sakit hernia pada waktu masih SD dah udah sembuh.

Karenanya perawat UKS SMK meberikan pertolongan pertama dan tetap memberi semangat. Dan ada yang ser internet apa tanda-tanda sakit hernia dan bagaimana mencegah secara alami. Kemudian kami memberikan masukan untuk pasien dengan langkah-langkah yakni cekkan ke dokter dengan gejala-gejala yang dialami kemudian bila benar sakit tersebut lakukan secara alami seperti ini.

Dibawah ini adalah tentang sakit hernia dan pencegahanya

Penyakit Hernia atau turun brok selama ini sering dikenal sebagai penyakit pria, karena hanya kaum pria yang mempunyai bagian khusus dalam rongga perut untuk mendukung pungsi alat kelaminnya. Berdasarkan penyebab terjadinya hernia, penyakit hernia dapat dibedakan menjadi hernia bawaan (congenital) dan hernia dapatan (akuisita). Sedangkan menurut letaknya, hernia dibedakan menjadi hernia inguinal, umbilical, femoral, diafragma dan masih banyak lagi namanya.

Bagian hernia terdiri dari cincin, kantong, dan isi hernia itu sendiri. Isi  penyakit hernia yaitu usus, ovarium, dan jaringan penyangga usus (omentum). Bila ada bagian yang lemah dari lapisan otot dinding perut, maka usus dapat keluar ke tempat yang tidak seharusnya, yakni bisa ke diafragma (batas antara perut dan dada), bisa di lipatan paha, atau di pusar.

Umumnya penyakit hernia tidak menyebabkan nyeri, namun akan terasa nyeri bila isi hernia terjepit oleh cincin hernia. Infeksi akibat penyakit hernia menyebabkan penderita merasakan nyeri yang hebat, dan infeksi tersebut akhirnya menjalar dan meracuni seluruh tubuh. Jika sudah terjadi keadaan seperti itu, maka harus segera ditangani oleh dokter karena dapat mengancam nyawa penderita.

Penyakit hernia dapat terjadi pada semua umur, baik tua maupun muda. Pada anak-anak atau bayi, lebih sering disebabkan oleh kurang sempurnanya procesus vaginalis untuk menutup seiring dengan turunnya testis atau buah zakar. Biasanya yang sering terkena penyakit hernia adalah bayi atau anak laki-laki. Pada orang dewasa, penyakit hernia terjadi karena adanya tekanan yang tinggi dalam rongga perut dan kelemahan otot dinding perut karena faktor usia.

Berikut adalah beberapa gejala dari timbulnya penyakit hernia :

  1. Timbul nyeri di daerah perut bagian bawah.
  2. Rasa sakit atau nyeri ini akan sangat terasa ketika ada tekanan di dalam perut seperti saat batuk, mengejan atau mengangkat beban yang berat.
  3. Muncul benjolan di daerah selangkangan atau daerah perut, benjolan ini akan meningkat ukurannya ketika berdiri atau tekanan perut meningkat.
  4. Pada beberapa kasus timbul tonjolan tanpa disertai dengan rasa sakit yang jika terus dibiarkan bisa membuat hernia masuk ke dalam skrotum.
  5. Terkadang muncul rasa sakit yang disertai dengan demam.
  6. Jika usus sudah terjebak atau terjepit dalam jangka waktu lama bisa mengalami kerusakan yang ditandai dengan mual dan muntah.
  7. Timbul nyeri yang selalu hadir diikuti dengan gejala gangguan pencernaan.

0 Response to "CARA PERAWAT UKS SEKOLAH MENANGANI PASIEN SAKIT HERNIA "

Posting Komentar