SANGAT SULIT CARI DOKTER YANG BERJIWA RELAWAN

Pmrwiraskanato.blogspot.com.....Salam kemanusiaan, kepada teman-temen PMR seluruh di Indonesia, ini ada kabar terbaru dari Klinik Palang Merah Indonesia (PMI) Purbalingga yang mengalami kesulitan untuk mencari dokter yang memiliki jiwa relawan. Dokter umum, apalagi dokter spesialis cenderung memilih tempat praktik di rumah sakit atau membuka praktik mandiri.

Menurut penanggung jawab dr Agustina Ayu Satriyani, PMI Purbalingga dalam mencari tenaga dokter umum, dokter gigi atau dokter spesialis yang memiliki jiwa relawan, cukup sulit. Mungkin karena, jasa medis yang diberikan kepada dokter yang berpraktik di PMI terlalu kecil sehingga tidak banyak.

Menurutnya, visi pelayanan di klinik PMI memang cenderung lebih menitikberatkan kepada kemanusiaan. Tarif untuk periksa dan obat, juga relatif lebih murah dibanding dengan klinik lainnya atau dokter yang membuka praktik mandiri. Dengan tarif yang lebih murah, otomatis jasa medis yang diberikan untuk dokter relatif kecil.

“Tarif lebih murah, namun kualitas pelayanan tetap kami jaga. Dan mungkin soal jasa medis ini yang banyak menjadi pertimbangan dokter untuk ikut membuka praktik di klinik PMI,” katanya.

Saat ini ada empat dokter umum dan satu dokter gigi yang ikut praktik di PMI. Untuk mengatasi kekurangan itu, pihaknya seringkali menghubungi calon dokter yang tengah praktik di RSUD dr Goetheng Tarunadibrata. Mereka diminta setelah lulus ikut membantu di PMI. “Ada beberapa dokter yang tertarik, tetapi ada juga yang memilih berkarir di rumah sakit swasta,” katanya.

Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Purbalingga, dr Yusi Febrianto menambahkan, untuk mencari dokter dengan jiwa suka rela yang tinggi memang tidak mudah. Namun tetap saja ada, masih banyak dokter yang peduli menjadi relawan dan tidak mengedepankan penghasilan.

“Kami juga mencari dokter yang spesialis menangani donor darah, jika ada yang berminat untuk menempuh jenjang S-2 tentang transfusi darah, kami siap menyalurkannya ke PMI pusat,” katanya.

Ketua PMI Purbalingga Suyitno mengakui kesulitan untuk mencari tenaga dokter umum, dokter gigi dan dokter spesialis. Pihak PMI sudah menyiapkan ruangan untuk praktik dokter spesialis, namun belum juga ada yang berminat. Meski dengan tenaga dokter yang terbatas, namun pelayanan klinik PMI terus ditingkatkan.

“Hal ini terlihat dari kecenderungan naiknya jumlah pasien yang berobat ke PMI. Saat ini, setiap bulan rata-rata ada 1.800 –2.000  pasien yang dilayani,” katanya. (Sumber : Suaramerdeka)

Demikianlah informasi dari PMI Purbalingga yang kekurangan dokter yang mempunyai jiwa relawan. Semoga temen-temen PMR  yang mau melanjutkan kembali kuliah kedokteran, jiwa kemanusiaan kalian tetap terjaga. Karena kalian dibutuhkan di Rumah sakit PMI atau klinik PMI yang tersebar diseluruh Indonesia.

0 Response to "SANGAT SULIT CARI DOKTER YANG BERJIWA RELAWAN"

Posting Komentar