CIRI DAN CARA ATASI KOLESTEROL TINGGI

Pmrwiraskanato.blogsot.com....Kolesterol adalah senyawa lemak kompleks yang dihasilkan tubuh yaitu hati (80%) dan sisanya (20%) di hasilkan dari luar tubuh yaitu dari makanan yang kita makan.  Kolesterol berfungsi membentuk dinding sel. Tidak selamanya kolestrol itu merugikan. Sebenarnya kolestrol sendiri ada 2 bentuk, yaitu kolesterol yang jahat yaitu LDL (low density lipoprotein) yang berbahaya bagi tubuh dan harus dihindari; serta kolesterol baik (HDL, high density lipoprotein) yang mencegah LDL agar tidak merugikan tubuh.

Ciri Ciri Kolesterol Tinggi
  1.  Tengkuk Terasa Berat. Kepala tidak sakit namun muncul rasa berat di tengkuk, pegal di pundak. Gejala lainnya adalah cepat mengantuk terutama bila kadar kolesterolnya sudah tinggi. Hal ini terjadi karena kurangnya asupan oksigen ke dalam otak akibat pembuluh darah menyempit karena timbunan lemak akibat kolestrol.
  2. Rasa kesemutan. Kesemutan terjadi dalam tubuh, atau anggota badan kita. Ini terjadi karena darah cenderung kental. Kadar kolesterol tinggi membuat darah kental sehingga oksigen menjadi berkurang
  3. Timbunan Lemak di kelopak mata. Timbunan terjadi karena kadar trigliserida (molekul asam lemak) tinggi dalam tubuh. Terjadi pada beberapa orang saja.
  4. Mudah merasa lelah. Hal ini terjadi karena plak yang terbentuk dalam dinding arteri, akan menyebabkan sumbatan (atherosclerosis), penyakit jantung koroner, penyakit mikrovaskuler koroner/ coronary microvaskular disease (CMD)
  5. Kaki Bengkak. Ketika darah menyempit dan asupan oksigen berkurang, maka bagian tubuh yang sering sedikit mendapatkan asupan darah adalah kaki. Kondisi akan sama seperti ketika terlalu lama duduk dalam perjalanan.
Kolesterol diperlukan manusia untuk membangun dinding sel dan membuat hormon.  Kolesterol juga berguna untuk membuat asam empedu, hormon steroid dan vitamin D.

Kolesterol jahat menjadi penyebab terjadinya aterosklerosis yaitu sebuah proses pengapuran dan pengerasan pada dinding pembuluh darah. Kalau terjadi pada pembuluh darah koroner, maka pembuluh darah  akan menyempit dan menghalangi aliran darah yang mengalir di dalamnya.  Bila ini terjadi, maka akan meningkatkan risiko terkena Penyakit Jantung Koroner (PJK).

Kolesterol normal  adalah <200 mg/dl untuk kolesterol  total, <100 mg/dl untuk kolesterol jahat (LDL, jenis yang dapat menyumbat arteri) dan  kadar  >50 mg/dl untuk kadar baik (HDL- jenis yang membantu membersihkan lemak dari darah).  Pada saat kolesterol tinggi maka arteri akan semakin menyempit, dan menghambat aliran darah. Hal ini akan mengurangi jumlah darah yang sampai ke jaringan tubuh. Kolesterol tinggi akan memicu penyakit lain dalam tubuh seperti darah tinggi, jantung, stroke, batu empedu, dan lain-lainnya.

Cara Pencegahan Kolesterol Tinggi

Pola makan sehat.

Pemicu timbulnya kolesterol tinggi adalah asupan makanan yang banyak mengandung lemak jenuh, pola hidup yang tidak sehat dan seimbang, atau gaya hidup memicu kebiasaan buruk sehari-hari. Kolesterol tinggi dapat meningkat karena asupan makanan, namun saat asupan tersebut sesuai dengan kebutuhan tubuh maka kolestrol tidak membahayakan tubuh.  Pada usia di atas 50 tahun, hindari mengonsumsi lemak jenuh, atau lemak yang ada pada daging merah.  Seperti makanan  dari daging kambing, ikan laut, seafood (cumi, kepiting, udang, kerang, siput), makanan bersantan, jeroan sapi dan kambing, keju, susu sapi, mentega, coklat, kuning telur dan telur burung puyuh.

Makanan yang Mengandung Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi bisa dipicu lewat makanan yang berasal dari sumber produk hewani seperti daging, susu, cream, mentega, telur dan keju. Bisa juga lewat makanan produk nabati seperti santan, minyak kelapa dan lemak nabati. Bila ingin makan daging, pilih daging tanpa lemak atau buang dahulu lemaknya. Hindari juga konsumsi daging yang diproses seperti sosis, dan daging asap. Selain itu, hindari juga makanan yang berbahaya seperti minuman beralkohol, bir, tuak, dan minuman berfermentasi seperti dari ragi.

Olahraga dan Aktivitas yang Cukup.

Penderita selalu beraktivitas fisik yang cukup, terutama yang sudah berusia tinggi serta memiliki riwayat keluarga berkolesterol tinggi. Lakukan olahraga yang teratur karena hal itu akan menurunkan kadar kolesterol jahat dan menaikkan kolesterol baik.

Inilah makanan yang bisa dikonsumsi untuk mencegah kolesteriol tinggi:

1. Gandum/Oatmeal
2. Beras Merah
3. Kacang kacangan
4. Sayuran Hijau.
5. Ikan yang ber-Omega 3
6. Makanan yang Difortifikasi/diperkaya dengan Sterol dan Stanol.
7. Olahraga Teratur (jogging, jalan sehat, bersepeda, dan lainnya).

Buah Buahan Baik Untuk Melawan Kolesterol

Buah Blueberry.
Jeruk Nipis.
Jambu Biji/jambu merah.
Delima.
Mangga.
Jeruk Lemon.
Strawberry.
Apel.
Buah Alpukat. 
Buah Zaitun.

0 Response to "CIRI DAN CARA ATASI KOLESTEROL TINGGI"

Posting Komentar